language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

AL ITTIHAD ISLAMIC BOARDING SCHOOL- sudah kelas 6 ??

     

Bagi kawan kawan al ittihad yang sudah menepuh kelas 6. setelah emlaksanakan  UN bukan perkara biasa lagi kalo kebebsan mulai ada namun disinilah titik puncak kalian takdzim kepada pesantren, walaupun saya dan angkatan saya sendiri kurang indah di akhirnya, namun say berharap keadaan itu tidak pernah terulang sampai angkatan lainnya.

      bagi kawan kawan yang ingin melnajutkan ke jenjang kuliah, disinilah titik awal kalian belajar apalagi yang sungguh sungguh ingin masuk PTN favorite atau sekolah dina, kalian mesti belajar dari skerang. jangan pikirkan temen kalian yang mulai kebebasannya di keluarkan. beberapa tips yang bisa kalian petik dari gagal nya saya dulu mencoa ugm di jogja karena beberapa sebab..

- setelah un malah terlena dengan kebebasan
- masih berpikiran terlalu optimis di snmptn undangan.
- terlalu sibuk dengan kegiatan haplatul wada.
- tidak terllau memikirkan  soal yang dikira mudah di sbmptn dan ukian mandiri.
- setelah dapat soal tahun lalu atau 2 tahun ke belakangnya langsung di isi dan di pahami soal nya. ingat di pahami bukan di hapalkan. 

kegiatan diatas memang ada yang baik dan buruknya namun kita juga mesti mencari sisi kehidupan yang sbenarnya setelah teruji enam tahun atau tiga tahun di ma'had tercinta.

beberapa trik yang bisa di lakukan untuk memkasimalkan otak kita jikalau kita berada di ma'had.
- bila mempunyai laptopdan modem atau jaringan wi fi yang tersedia. gunakan dengan baik cari materi materi sbnmptn atau jalur mandiri PTN atau sekolah dinas kalian.
- setelah di download biasnya males untuk di baca dan disii sebenar benarnya atau malah tidak di prin sama sekali. soal yang sama itu 80 % gak mungkin namun kesamaan nya 80% ada.
- biasanya trik trik soal ujian tulis berbagai kampus berbeda beda silahkan cari dan kuasai celah itu.
- ingat kita memang punya akreditasi sangat bagus namun kita mesti ssadar juga bahwa sekolah kita itu swasta yang kemungkinann nya jauh di bawah.
- carilah partner yang bisa di ajak kompromi dan belajar bareng ingat 6 dari temen dekatmu itulah diirimu yang sbenarnya.
- jangan sungkan nanya ke guru, emang itu bahasa yang tak asing, namun jangan lupa minta no telepon mereka karena itu penting.
- jangan terlalu banyak melanggar aturan ma'had, lakukan seminimal minimalnya.
- bila kalian kepo. kunjingilah universitas kalian dan cari tahu seluk beluknya di sana jangan terllau pkus di bagian penerimaan ajja. kalo ada kenalan kk kelas mereka yang biasa membantu untuk di jadikan kunci kalian.
- sebisanya solat tahajud, misal pas malem jam 11 ke masjid altie terus solat dan istirahat di snaa biasanya suka terbangunkan sendiri jam 3 berserah diri lah.
- jangan lupa solat duha minimal 6 rakaat setelahnya baca surah al qur an surah ar rahman pesan ortu ku kaya gitu.
- usahakan sebelum kita haplatul wada sudah minta maaf ke rumah pa kiayi dan guru guru yang biasanya disinilah kunci gagalnya, masih ada segurat dendam segores luka yang tertorehkan.
- dan yang terakhir jangan lupa minta doa paling mustajab dari orang tua serta ustad dan ustazah kita.

terimakasih semoga bermanfaat.
 catatan...  raihlah cita cita setinggi langit kalaupun jatuh diantara para bintang *soekarno.
ini nyata cita cita kemaren ingin masuk ugm namun tidak berhasil karena salah strategi dulu.
namun minimal kuliah di jogja. dan alhamdulilah itu terkabul dan masih di sejajaran peringkat PTS teratas akreditasi A di jogja.
INGAT!  allah telah memberikan jalan antri pantrangan yaitu qodo, namun berusahalah dalam pencapian ikhtiar di qadar NYa,, terimakasih see yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar