language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

TAPAK ZEIN JULI - AGUSTUS -SEPTEMBER (PUSAT OLEH-OLEH SEMBALUN)

Konsep yang tepat, Usaha yang maksimal, Tim yang solid, Tercipta hasil yang indah....

Inovasi selanjutnya yang dilakukan oleh Tim Ekonomi kreatif GENESIA (Zein, Asep, Bram, Abi, Zunan, dan Elsa) adalah memberikan wadah bagi rumah ukm warga sembalun yakni Pusat Oleh-Oleh Khas Sembalun yang menjadi  sarana produk hasil olahan pertanian seperti  stick wortel, stick strawberry, black garlic, Kacang buncis,keripik wortel, keripik asitaba, dodol wortel dan dodol strawberry dan lainnya. Serta produk khas unggulan sembalun lainnya semisal kain tenun, tas rotan, dan  gerabah.

 Mengetahui potensi tersebut yang menajdi selalu perbincangan dalam kendalanya adalah Pemasarannya, kurangnya bekal ilmu dan fasilitas untuk menunjangnya. Kami berinisiatif untuk memulai merumuskan solusi yang di tawarkan dan mendapatkan dua point penting yaitu dengan strategi metode  online marketing  dan metode offline marketing   yakni membuat suatu tempat yag dimana khusus untuk menjual hasil dari buah tangan warga sembalun yaitu Pusat Oleh-oleh Sembalun.

Kesepakatan mulai di rancang

Kesepakatan mulai di rancang dengan mengadakan rapat koordinasi dengan Ibu PKK yang juga merupakan Anggota aktif Koperasi Desa Sembalun Bumbung,  Terkait hal Tempat Pusat oleh-oleh tersebut, Kami mendapat keberuntungan karena ada salah satu rumah warga yang tempatnya strategis untuk di jadikan sebagai tempat oleh-oleh karena berada di samping jalan yang notabannya setiap hari turis dari lokal maupun mancanegara  lewat ke arah jalan tersebut untuk mendaki Rinjani. Selain itu tempat yang akan di jadikan oleh-oleh tersebut baru setengah di bangun, peluang itu pun tidak kami sia-siakan, yang secara kebetulannya lagi rumah itu adalah rumah ketua Koperasi desa Sembalun Bumbung yaitu rumah Ibu Syae’un kami menyebutnya bunda karena selama kami disan beliau lah bunda kami ^^ Akhirnya kesepakatan pun di lakukan antara kami, Ibu PKK juga bunda Syae'un. ikut menyetujui dengan keputusan tempat tersebut.

Tahap Pengerjaan 

Tahap Pengerjaan pun dilakukan dari mulai mendata kebutuhan apa saja yang mesti dibeli di toko bangunan baik berupa triplek, Cat, Semen, Kaca Jendela, kusen, paku dan perangkat lainnya. Selanjutnya pembelian di toko bangunan yang jaraknya lumayan jauh sekitar 2 jam perjalanan, Target kami melakukan ini hanyalah dua minggu, dengan dibantu satu orang tukang, dan sisanya adalah anggota Genesia Sendiri pengerjaan pun terhitung cepat target sasaran adalah membuat sekat dari triplek  di dalam rumahnya, mengecat, memasang kaca, dan memflamir beberapa tembok yang belum terurus, mendesain layout tempat, memasang etalase serta membuat plang Pusat oleh-oleh sembalun, semua karena berkat Kekompakan dan kerja keras teman-teman Genesia.

Tahap akhir 

Tahap akhir yang dilakukan adalah mendesain bagaimana tempat oleh-oleh tersebut menarik, dengan dibantu Asep seorang desain grafis dari Tim ekonomi Kreatif pembuatan desain yang menarik untuk plang Pusat oleh-oleh, dan beberapa banner hiasan untuk lebih menarik perhatian pusat oleh-oleh, dengan bantuan dari bunda syae'un sendiri ada beberapa etalase toko yang sudah jarang dipakai dan bisa di gunakan untuk etalase pusat oleh-oleh.

Pusat oleh-oleh pun berhasil dibangun

Pusat oleh-oleh pun berhasil dibangun, tahap selanjutnya adalah dengan mengisi produk-produk yang ada di sembalun untuk mulai di pajang di etalase seperti yang sudah disebutkan paragraf pertama. Produk yang dibuat mulai disortir dan mulai di beri branding serta kemasan yang standar namun ada beberapa yang sudah kita buatkan desainnya seperti Stick Wortel dan Stick Strawberry. serta desain lain yang belum di cetak karen terkendala waktu dan jarak yang mesti di kota Mataram. 

Tak selang lama, seminggu setelah semua selesai,  kami melakukan peresmian yang dilakukan oeh camat sembalun serta dosen pembimbing lapangan kita, bapa gunawan dan bapa navi untuk melakukan pemotongan pita dibukanya pusat oleh-oleh tersebut. Merupakan suatu kebanggaan karena ide yang dituangkan dalam kerja keras membuahkan hasil yang manis.

Target yang diharapkan

Target yang diharapkan oleh kami dari TIM ekonomi Kreatif ada tiga luaran yang dihasilkan pertama, membantu ibu-ibu rumah tangga untuk ikut aktif dan mempunyai pekerjaan sampingan untuk menambah pundi keuangan keluarga. Kedua, yaitu sebagai sarana untuk menjual belikan produk olahan pertanian dan Khas tenun sembalun sebagai oleh-oleh, untuk memaksimalkan hasil alam yang diolah dan dapat mengahasilkan nilai jual yang lebih selain dari menjual hasil panen langsung ada hasil olahan yang dapat dimanfaatkan selian itu juga untuk meminimalisir hasil pertanian yang busuk dan tidak dimanfaatan alangkah baiknya apabila diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual  dan bermanfaat. Ketiga, Karena sembalun adalah salah satu daerah dengan potensi wisata yang besar karena memiliki hasil alam, pemandangan dan Gunung rinjani yang menjadi Icon nya sudah sepatutnya memiliki hasil buah tangan atau oleh – oleh yang bisa di bawa oleh tamu baik lokal maupun luar negri, karena awalnya tidak meiliki sentral oleh-oleh sekarang dengan bantuan Tim Genesia Warga sembalun sudah memilikinya dan para turis atau para wisatawan tidka merasa kebingungan lagi untuk mencari pusat oleh-oleh  untuk dibawa pulang ke daerahnya masing-masing.


Dengan ini kami dari Generasi Indonesia Mengabdi melakukan tugas yang mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat sembalun dan para wisatawan setelah terciptanya pusat oleh-oleh Khas sembalun. Terimakasih untuk segala pihak yang telah banyak memberikan sumbangsihnya baik berupa tenaga, pemikiran serta finansial dalam pensuksesan pusat oleh-oleh sembalun ini.  Sekian cerita kami tentang pusat oleh-oleh dari Tim Ekonomi kreatif Genesia. 

berikut foto yang diambil dari beberapa sumber : 
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar