language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

PETUALANGAN MENIMBA ILMU : ZEIN


1. SEKOLAH DASAR NEGRI RANCAJAYA, 

Dahulu kala ketika tahun 2000an, disanalah tempat bernaungnya semua anggota keluarga saya, bapa dan ibu saya adalah pengajar disana, dan teteh saya sedang masuk kelas 4-5. saya masih terlalu polos untuk mulai merasakan pindahnya rasa nyaman untuk meninggalkan film Teletubis di indosiar yang dimana itu hal paling menyenangkan. 

Dapat banyak teman dengan simbol Pohon Kersen dibelakang rumah dimana temen- temen saya sangat menyukainnya dan sangat sering mampir ke rumah.



Hal yang selalu jadi patokan anak SD adalah Ranking Kelas, saya sangat tertarik akan dengan hal itu alhamdulillah peningkatan pun terus dilakukan dari rangking 5 sampai 1 selalu jadi patokan.

Mulai bergelut dengan buku sampai impian nikah dengan seorang temen kelas. Sungguh polos akal saat itu. Saya tersenyum sendiri ketika memikirkan itu. Belajar membaca, menghitung, sampai pencak silat. Berhasil dilalui, medan selanjutnya next setelah kelulusan SD

2. MADRASAH TSANAWIYAH NEGRI SAWAH GEDE CIANJUR ATAU MTSN 1 CIANJUR, 

Saya tidak diberikan keleluasan dalam memilih pendidikan dimana banyak gengsi untuk masuk SMP favorit semacam SMP 1 atau SMP 2 awalnya saya akan langsung dimasukan ke al-ittihad,sekolah berbasis pesantren di daerah rawabango. Saya memang terobsesi untuk bisa merantau dan berkelana walaupun masih dalam satu kota, untuk mengikuti jejak langkah teteh saya yang juga survive masuk al-ittihad dan tanwiriyah,  namun strategi Bapa untuk memasukan anaknya ke MTS adalah jalur yang baik, saya menimpa banyak ilmu baik dunia dan akhirat. 

Dari mulai pelajaran matematika aljabar sampai fiqh dan darusulugoh. Semua diserap otak dengan bobot berat badan masa pubertas yang luar biasa besar. Masa paling menyakitkan ketika temanmu dan lingkungan yang tidak mendukung, ketika sebuah harga diri dan pertahanan diri mulai di pertanyakan.

 Survive yang terjadi di mulai dari pemalakan, rokok, cinta monyet sampe adu gengsi dalam handphone generasi cinitnit.  Urusan nilai tetap ingin menjadi pejuang mengalahkan rival dan teman yang super disana. Untuk urusan hati saya menjadi sosok pemuja rahasia dengan memberikan sesuatu di tas temen yang saya suka tanpa nama. Begitulah caraku mengungkapkan rasa dulu. Untuk menampilkan kekuatan survive dalam melawan anak-anak nakal di MTs saya bergabung dengan koloni rival yang sebanding namun masih memiliki rasa baik dan setidaknya tidak terlalu brutal.

  Next cerita ketika harus memilih SMA, saya dapet nilai nem yang jelek d MTS, entah seperti apa penilainnya karena nyatanya banyak sekali yang  tidak merasa di untungkan akan hal itu. Tekad bulat untuk masuk Al-ittihad atau tanwiriyah, di timbang dari tantangannya lebih hebat di al-ittihad dan akhrinya welcome to al-ittihad boarding school.
3. PONDOK PESANTREN AL-ITTIHAD, 

Pelepasan mulai di lakukan sampai saya ingat tanggalnya 14 juli 2010.sebuah sekolah yang benar benar menuntut rasa survive level dewa. Saya yang masih polos, belum pernah memegang kitab kuning, belum merasakan ngaji bersama sekelas, biasanya dituntun sama Bapa aja dirumah, belum pernah tidur barengan sampe 30 orang didalam satu ruangan, belum pernah beraktivitas di malam hari sampai larut malam, dan belum pernah meningglkan dunia digital semisal televisi dan handphone. Semuanya hal yang baru dan menantang, saya suka itu.

Terlepas dari hal itu  dari yang terdahulunya, banyak sekal i kaka kelas di desa saya belum pernah ada yang survive bahkan teteh saya sendiri mesti berakhir di pertengahan medan perang karena beberapa kejadian yang tidak diharapkan. Well here im, apakah saya akan seperi mereka. Pemula yang mengadu Nasib yang menamakan diri dengan title baru “ Santri” . saya tidak sendiri ketika saya daftar ke sini ada beberapa temen namanya asep akhmad junaedi dan Mira siti maryam, terlebih kalo mira dari SD sampai SMA bareng terus rekor keren menurutku.

Di awal bulan pertama pernah saya singgung juga di blog. Ini tentang kehidupan saya di al-ittihad yang begitu keras, baik peraturannya, pertemanannya, perizinan dan hal lainnya. Dashhhh terkena saya satu pukulan di pipi chuby saya, karena sedikit menentang senior. Mantep deh pokoknya walaupun akhirnya sebulan kemudian senior itu hilang dari al-ittihad. Entah dikeluarkan atau entahlah. Efek itu lumayan membuat banyak hal akan solidaritas kamar 1 al ghoniyah untuk bersatu dan menjalin kekuatan melawan penindasan senior. Satu semut memang lemah namun semut kecil yang bergerombol maka kuatlah mereka.

Setelah fase perubahan diri Turun berat bedan 20 kilo an. Sampai teman di MTs pada heran dan bingung akan kondisi saya yang kurus pada waktu itu. Disana saya mulai betah akan kehidupan di al-ittihad saya menemukan dunia saya yang sesunggguhnya.

Mulai meniti karir dari nilai –nilai yang mesti cemerlang dan luar biasa, fokus pelajaran dan pertemanan. Fokus cinta juga mulai di gencarkan, pacaran adalah hal yang  melanggar, di jemur di albadar sama pasangannya. Pendekatan dengan beberpa kaum hawa disana berbuah hasil, saya diberikan pengalaman mengungkapkan isi hati saya pada  wanita. Intinya   mah saya melanggar peraturan itu walaupun rapi gak ketahuan bukti oleh seksi keamanannya.

Pramuka mengantarkan saya dalam kegiatan organisasi yang hebat, setelah saya menjadi senior yang di hormati di pramuka di MTS bersama teman- teman lainnya. Saya kembangkan lagi di al-ittihad namun sayang banyak sekali kesempatan yang emaksa saya untuk berhenti karena berbenturan dengan perizinan, saya dan beberapa teman saya masuk protokol pramuka cianjur tugasnya  menjadi seorang protokol pejabat di cianjur namun yasudahlah.

Saya singgung juga tentang new world I yaitu setelah lulus dari al-ittihad di blog saya lainnya. Saya pun mulai meniti takdir yang berbeda dengan sebelumnya. Walcome to yogyakarta.

4. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA,  

Setelah perjuangan dari palnning A-Z, UGM, UII, UNPAD, UMY, UPI dan semua kuliahan saya jajarin dengan jurusan utama HI, Manajemen, dan Ilmu Politik. Terpilih lah saya menemui takdir saya untuk masuk Manajemen Bisnis di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Meniti karir dan fokus pertemanan, berteman dengan teman se-indonesia dari sumatra, kalimantan, sulawesi, nusa tenggara sampai papua,  akhirnya saya mulai hapal akan plat no depan mereka. bahkan kesininya sampai menepis batas cakrawala, saya berteman dengan malaysian, thailand, korea, China sama maroko. Menyenangkan ketika Tuhan menciptakan manusia dengan beberapa negara dan beberapa suku untuk saling mengenal dan silaturahim.

Urusan Hati saya pasti akan tergerus pada pandangan pertama, pernah terjadi di SMA dan kali ini juga di Perkuliahan saya tertarik hati dengan  seorang wanita, namun tak alam adanya.

Meniti fokus memulai bisnis, saya adalah pembaca buku bisnis sejak kelas 2 SMA dan ketertarikan akan kewirausahaan tumbuh dan dimana kampus memfasilitasi saya untuk itu.
Mulai terbang menuju langit luas, Flight pertama Jogja-Jakarta pada acara bisnis plan, alhamdulillah menyenangkan dan efisien.  selanjutnya Flight dari Jogja-kuala lumpur sebagai delegasi student exchange ke USIM.

Penulis saat ini masih semester 6 dan akan mencetak beberapa hal yang luar biasa lainnya amin.Namun yang di jadikan topik selanjutnya akan sangat berat. Mengapa? Karena THE NEW WORLD CHAPTER II akan segera di mulai setelah saya lulus kuliah saya belum membuat secuil planing lagi.


Setelah melewati fase yang panjang karena karma akan berlaku naik turunnya hidup selalu terjadi yang baik menghasilkan kehidupan yang baik begitu pula sebaliknya, yang jahat dalam kekangan yang sama, kecuali merubah nya sendiri, itu pesan tuhan akan '' suatu kaum tidak akan pernah berubah kecuali yang merubah kaum itu sendiri'' 

Harapan saya untuk menuju indonesia tanpa batas, saya siap diamanti untuk kerja di luar pulau jawa atau luar negeri apabila takdir mengizinkan sudah waktunya sayap yang terkekang  untuk segera mengepakannya. Tunggu kisah selanjutnya THE NEW WORLD CHAPTER II. Segera 2017!

2 komentar:

  1. Kira-kira (sd) kelas berpakah anda memiliki impian untuk menikah?
    Hebat ya planningnya nyampe ke sono 😂👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diceritain mah bakal galakgak .. hehehe kebanyakan nonton telenovela dulu. :D

      Hapus