language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Investasi Emas - 2017 Mari Berinvestasi Emas!





Apa sih Emas itu?
Emas merupakan Suatu logam yang sudah terkenal dari masa kerajaan-kerajaan  dari jaman para nabi sampai saat ini, dipakai sebagai suatu mata uang bahkan alat tukar dunia dulu kala sampai saat ini. Emas adalah satu-satunya logam yang berwarna kuning dan berasal dari kata Inggris Kuno, ‘geolu’. Emas juga merupakan satu-satunya logam yang tidak akan pernah berkarat.

Kelebihan dan kekurangan investasi emas

Catatan Pertama : Emas tidak bisa membuat kaya seseorang tapi Emas dapat mempertahankan orang tetap kaya. Saran yang saya sampaikan hanya satu, apabila kita punya suatu kekakyaan yang ingin diamankan lebih baik invetasikan emas saja mengapa? Mari kita analisis apa saja keuntungan dan kekurangannya.

1. Dengan emas kekayaan yang tersimpan tidak akan tergerus inflasi. Misal : Apabila kita beli emas tahun 2005 sebanyak 167 gram yaitu 25 juta dan itu sudah bisa memberangkatkan kita untuk Haji. Lain lagi ceritanya apabila, Tahun 2016 Harga Naik haji sekitar 41 juta, Namun kisaran itu akan sama dengan harga emas sebanyak 167 gram karena emas cenderung naik terus setiap tahunnya. Keuntungannya : 2005=167 gram=23 juta sekarang, 2017=167gram=91juta. Bisa memberangkatkan haji 2 orang

2. Investasi emas tergolong investasi yang low-risk, karena harga emas yang selalu naik dalam waktu lama tentu, sebagai sufi (suka Film) saya sering melihat adegan menemukan peti harta karun yang berisi emas sejak jaman dahulu apakah nilainya berkurang atau harganya jadi rendah tentu tidak masih bisa dipakai dan tentu harganya berdasarkan harga saat ini.

3.  Investasi emas lebih liquid daripada investasi lain, liquid yang berarti mudah dicairkan bukan jadi air tapi di uangkan gitu yah. Contohnya : Apabila seorang ibu yang membutuhkan dana untuk keperluan rumah tangga atau lainnya biasanya langsung berbondong-bondong ke Toko emas buat di gadaikan ataupun di jual. Segera Cair dehh uangnya dan tentunya berdasarkan harga sat itu.

4. Dapat diwariskan. Masih dalam Film dan kenyataan disekitar, selain mewariskan tanah dan bangunan atau aset, ada juga yang di wariskan seperti emas dan uang tunai. Emas dapat berupa emas perhiasan ataupun batangan.Hal yang terbaik yang diwariskan yaitu ilmu dan harta, Sudah punya bekal emas untuk mewariskan kepada anak cucu kita. Bilang gini, Padahal sayanya aja belum nikah. Hehe

Beranjak ke potensi kekurangan yang dihadapi ketika investasi emas :

1.   Faktor keamanan, emas juga menjadi hal yang istimewa bukan hanya bagi pemiliknya namun juga baik juga yang jahat. Selalu simpan emas kita dalam jumlah besar di tempat yang aman, lebih aman lagi bisa dititipkan di Bank atau Pegadaian, Biayanya relatif aman daripada resiko kehilangan.  Atau lewat safety box di bank atau brangkas juga bisa jadi pilihan tergantung kitanya.



2.   Pemilik emas terkadang kesulitan dalam menentukan harga jual, karena kurang tau standar perhitungan emas. Terkadang toko emas juga kurang memberikan data secara rinci dna transparat tentang harga jual beli emas, misal : seperti studi kasus diatas mudah dicairkan namun besaran harga emasnya yang di cairkan, banyak yang belum tahu harga yang sebenarnya dari emas tersebut taunya ke toko emas, jual, cair.

3.  Emas untuk jangka panjang. Seperti yang saya catatakan diatas bahwa emas itu melindungi kita untuk tetap kaya tidak tergerus inflasi seperti mata uang yang beredar. Kalo untuk investasi jangka pendek, reksadana dan saham menurut saya hal terbaik, namun untuk mengamankan keamanan boleh alternatifnya di emas. Investasi jangka pendek di emas menurut saya rugi karena kenaikan emas yang tidak konservatif tinggi. Jadi kurang greget keuntungannya.

Metode alternatif mengapa investasi emas

1. Membeli emas diharga murah, Dijual kembali ketika harganya mahal. Simple kan, itu rumus bisnis yang pastinya semua orang tahu, keuntungan tergantung target dan keinginan hasilnya. Targetkan saja, misal beli emas diharga Rp. 500.000/ gram dan diatrgetkan di jual apabila sudah Rp. 600.000/ gram nya. Lumayan dapet keuntungan Rp 100.000/gram.

2. Invetasi emas untuk keperluan masa yang akan datang, Biaya Haji, Menikah, Liburan, membeli mobil dan lain lain.  Contohnya sudah dijelaskan di atas yah, contoh lain : Saya ingin mempunyai Fortuner 5 tahun lagi = 1 kg emas = 500 jutaan keatas, apabila dicicil dengan menabung emas dengan misal keuntungan 20% pertahun. Dengan rutin menabung emas kemungkinan besar keuntungan masa depan diraih dan bahkan bisa saja harga mobil fortuner jadi turun karena inflasi namun harga emas 1 kilo bisa banyak tersisa untuk keperluan lainnya. Karena sifat emas yang mengalahkan ganasnya inflasi. Kuncinya disiplin menabung emas.

3. Jadikan modal usaha, dengan keuntungan ini kita akan emndapatkan hasil yang menyenangkan semisal : kita memilki uang 200 juta untuk modal restoran kecil kecilan. Uang 200 jutanya jangan dulu langsung di pakai ini itu, tapi dibuat untuk membeli emas dulu setelah itu emasnya di gadaikan di bank syariah karena lebih tinggi biasnaya dan liquid kan cair,  selanjutnya uangnya untuk membeli keperluan bisnis tersebut apabila sudah jalan cicilan emas masih bisa di bayarkandi Bank syariah tersebut. Dua keuntungannya : bisnis jalan, Emas terselamatkan. Walau terkadang berbicara lebih mudah daripada mengaktualisasikan setidaknya itu strategi efektif yang pernah saya dengar dari mentor-mentor yang saya temui.
Sudah siap investasi diemas?


Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas.

KEUNGGULAN
Pegadaian Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang di seluruh Indonesia (sementara hanya tersedia di Kantor Cabang Piloting).
Pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram).
Layanan petugas yang profesional.
Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset.
Mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana Anda.

PROSEDUR TABUNGAN EMAS
1. Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian hanya dengan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.

2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000,-.

3. Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar Rp. 5.440,- untuk tanggal hari ini (13-01-2017). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp. 544.000,- .

4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp. 520.000,- untuk tanggal 13-01-2017.

5. Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak  esuai dengan kepingan yang dipilih.

6. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.



 Bukan hanya menabung , apabila kita ingin membeli emas bisa dengan cara dicicil maupun cash di pegadaian rinciannya harganya berbeda setiap harinya tergantung harga emas hari ini waktu cicilannya bisa 3 bulan sampai 36 bulan. dan keuntungannya tidak ada biaya tambahna dalam bulanannya serta dapat dicicil jadi tidak memberatkan langsung pas pembelian. saya juga memakai metode ini dalam investasi emas.

Selain investasi emas melalui pegadaian, kita bisa membeli emas langsung ke PT. ANTAM akan ada biaya pembuatan untuk emasnya namun kemungkinan kita bebas biaya PPN 10 %,

Semoga bermanfaat, Salam Dinar :)




 Sumber :
http://www.carainvestasiemasbatangan.com/
http://seputarhargaterkini.com/wp-content/uploads/2015/08/harga-emas-update-hari-ini.jpg
http://www.pegadaian.co.id/pegadaian-tabungan-emas.php
https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/images.orori.com/ororeads/2016/juni/investasi-emas-batangan-__1466419565_219.83.40.226-20-06-2016-17-46-46.jpg
http://analisatoday.com/artikel/tentang-emas/pengertian-emas-secara-luas-dan-asal-muasalnya
https://www.carajadikaya.com/keuntungan-dan-kerugian-dalam-investasi-dengan-emas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar