language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

[ STRATEGI IKIGAI ] 4 Pilar Penting Untuk Sukses dan Bahagia




IKIGAI

Passion + Great Skills + Make a better world + High Income = Perfect career satisfaction

1. Your Passion = What you love
2. Your Skill = What you are good
3. Your Personal Goal = what the world Needs
4. Your Income = What you can be paid for




Hindari Ketidak seimbangan berikuti ini:

Satisfaction but Feeling Uselesness. Jika kombinasinya adalah bertemunya passion + skills + income tapi karya Anda tidak begitu dibutuhkan dunia.


Delight and fullness, but no wealth. Kombinasi berikutnya. Ada passion. Ada skills. Dibutuhkan dunia. Namun income kecil.

excitement and complacent, but sense of uncertainty. Kombinasi berikutnya agak ajaib namun kadang terjadi. Ada passion. Hasil karya dibutuhkan dunia. Income besar. skil nya tapi tidak ada. 

comfortable but feeling of emptiness. Kombinasi terakhir. Skills bagus, hasil kerja dibutuhkan dunia, dan gaji besar, namun tidak ada passion dengan pekerjaannya.

Yang terakhir 




 hidup enggan, matipun tidak mau.   adalah kombinasi yang paling kelam : sudah tidak punya passion terhadap pekerjaannya yang membosankan; lalu skills stagnan, hasil kerja tidak jelas; dan gajinya kecil


MAKA oleh karena itu :



#1. Your Passion = What you love

Point pertama dalam kehidupan yang dijalani tentunya tekuni apa yang di sukai, jadikan itu patokan yang disukai, sampe dibuat galau, sampai tidur mimpi indah karena cinta akan passion tersebut.

 Sudah menemukan passion mu? Ini belum beranjak ke no 2, jadi carilah dulu, duniamu, lingkunganmu, teman-temanmu, keluargamu bahkan hobi dan panutanmu bisa membimbing ke mana arah passionmu beranjak yuk!

#2 Your Skill = What you are good

Passion membuatmu memiliki wadah, memiliki harapan untuk berkembang, tumbuh dan luar biasa, sekarang tugasnya dalam hal ini sudah bisa kah kita melakukan yang terbaik untuk passion kita, jadikan lihay, jadikan professional jadilah Ahli dalam bidangnya. 

Asah skilmu, asah kemampuanmu, belajar dari orang lain, belajar atas kesalahan, belajar menjadi lebih baik, belajar dari hari kemarin. Ayo jadilah yang terbaik!

#3 Your Personal Goal = what the world Needs

Belum bisa berarti untuk dunia ini, jadilah berarti untuk lingkunganmu, belum bisa juga, berartilah untuk teman dan keluargamu belum bisa juga berartilah untuk diri sendiri, passion sudah ketemu, skill sudah mumpuni namun tidak berarti apa-apa untuk kemaslahatan dunia, ngomonginnnya dunia apakah terlalu general, tidak! 

Pesimislah yang membuat rasa itu ada. Bukan kah selama SD kita selalu ada upacara bendera ada doa penutup yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik bagi Nusa, bangsa dan agama. General luas dan universal. Mari Merancang Dunia yang lebih baik!

#4 Your Income = What you can be paid for

Passion sudah ada,skill mumpuni, dunia tahu akan jasa kita namun kita tak diupah sedemikian layak atau kurang merasa terbayar, ikhlas dalam menjalani hidup tentunya harus berbanding dengan kemapuan skill yang berkombinasi dalam passion mu, setiap orang memang bernaluri imbalan, baik itu imbalan saat di dunia maupun imbalan di akhirat nanti. 

Penyemangat bisa menjadi awal apabila imbalan tersebut terbayarkan bisa menjadi lebih produktif, bisa lebih giat, bisa menjadikan diri kita terbayar akan jerih payah ada hasil yang didapatkan dari hal bersusah payah atau kerja cerdas yan dilakukan. Dan tentunya harus seimbang dengan apa yang di tanam itulah yang kau petik.





Salam Dinar..
Miftahudin Zein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar