language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Merasa Fresh Graduate? Lakukan hal ini dimasa-masa sekarang!


Hallo Everybody, Gimana dengan Tittle yang sudah didapat sekarang lumayan kan perjuangan bertahun –tahun membuahkan hasil dengan  nama belakang kalian yang lebih panjang, dan saya  khusnudzon nya sih pengetahuan dan skill nya kalian juga bertambah dan luas, ya gak....

Nah, bagi kalian yang sudah siap menghadapi dunia tanpa belas kasihan akan segera dimulai, dimulai dari STOP mengemis ke orang tua terus, gak cape apa di jajanin mulu sampe kepala dua seperti sekarang. Then, Tentukan sikap mau kemana diri kalian akan di bawa selanjutnya, Tentunya profesi yang kalian idam-idamkan harus segera terealisasi , Right? Mari kita mulai dari mananya:

1.   Buka Akun LinkedIn

Akun yang hampir mirip kaya Facebook dari segi warna namun berbeda sekali dengan isi konten serta penunjang yang dimilikinya, saya kenal LinkedIn awalnya melihat dari beberapa tokoh favorite saya yang sudah membuka akun di LinkedIn ternyata dunia professional mereka dibagi melalui akun LinkedIn, kalian semua bakal ketemu sama orang-orang hebat disini, meminta berteman, mengikuti secara personal sampai join pekerjaan yang disediakan dari perusahaan, Hrd atau Owner bisnisnya langsung.

Profile kita harus dibuat secara profesional dan Keren yang mana itu salah satu pertimbangan Tim HRD dalam merekrut karyawan baru, atau relasi baru dalam bisnis , Jodoh, sampai pantauan mertua mungkin.. hehe... perbaiki profile kalian dan biarkan orang terkesan, jangan memakai budaya asia yang legowo dan menutup nutupi kemampuan, niatkan (bukan) untuk riya tapi lebih masuk ke dunia professionalmu dan jobseeker apabila nyari kerja.
Pelajari lebih lanjut secara pribadi dan dapatkan hal terbaik bagi karir anda melalui LinkedIn. Good Luck!

2.   Cari Jadwal Jobfair

Saat ini masih di kota besar kah? Jangan beranjak kemana-mana, searching di Google, “Jadwal Job fair ” untuk bulan ini atau bulan –bulan ke depan, ingat sekarang status kalian adalah “pengangguran” jangan merepotkan diri sendiri, orang lain, teman, orang tua bahkan negara. Waktunya berkontribusi siapkan CV/Resume terbaik mu dan ikutilah Job Fair, apply sebanyak-banyaknya dan dapatkan kesempatan bekerja di perusahaan idaman kalian. Good Luck!

3.   Konsep Bisnismu

Masa Kelulusan adalah masa BEBAS nya para entrepreneur dari tersisksanya batin belajar dalam teori yang tidak terpraktekan, Sekarang waktunya konsep ulang lagi bisnismu, (1) Cari tim yang kompeten dalam bidang masing –masing, Solidkan! (2) Buat Bisnis Plan, At least buat 3 tahun ke depan deh, untung-rugi, pay back periode dan lain sebagainya. Konsepkan! (3) Jual Idemu, bisa dengan nyari Co-Founder atau Fasilitator atau Investor Bisnismu, siapkan rincian pembagian keuntungan, Rayu dan Pengaruhi Idemu! (4) Minta restu orangtua biar Berkah Yah.. Diskusikan!

4.   Jangan Pulang Kampung

Mau ngapain lagi yah di Kota orang, ngabisin uang kos lah, kesepian lah, gada gawe lah, gabuts lah, saya sih nyaraninnya stay dulu di tempat perantauan mu sekarang sampai kamu dapat perantauan selanjutnya. Buat dirimu KEPEPET! Galau, Gabut, dan Gelo akan merasuki mu dan di sanalah jiwa mu biasanya mikir, Inisiatif, kreatif. Pikirkan dirimu pengangguran yang merasa tidak nyaman dengan keadaan itu, enjoy dulu aja sampai titik hijrah mu berlanjut. Berdoa yang banyak, Ikhtiar lah! Good Luck!

5.   Bersosialisasi Lebih Intens, Kembangkan Jaringan.

Kontak Line, BBM dan Facebook mu berjumlah ratusan bahkan ribuan, mungkin? Jalin lagi silaturahmi, tanya kabar, silaturahmi memanjangkan umur dan memperluas rizki begitu kan pesannya. Bukan ada udang dibalik batu, tapi boleh curahkan keadaanmu sekarang semoga aja ada jalan yang di gariskan Allah melalui perantara temanmu itu. (Ajakin Meet Up, Mode Offline kan handphone, Ngobrol santay lah)....  Good Luck!

6.   Kumpulin Modal

Hura-hura dimasa muda adalah keindahan yang Haqiqi, right? Udah ahk cukup waktunya mulai ngonsep lagi, berbenah lagi, tanyakan kepada temanmu yang ahli dalam financial planner, pikirkan kebutuhanmu yang sudah kepala dua ini untuk 4-6 tahun ke depan. Kamu adalah apa yang kamu pikirkan dimasa yang akan datang katanya sih gitu. Pengen umrah yang jumlahnya 25 an juta, punya mobil seharga 500 an juta, punya rumah kamar banyak seharga 500 juta, resepsi pernikahan yang menawan 200 jutaan lah, punya anak dan perabotan rumah uras urus yang nyampe 50 juta. Hayo jumlahkan dan itu takkan lama lagi kalian harus miliki di usia kepala dua inilah kita mulai membangun, Hindari Boros, Hemat, Investasi dan Sodaqoh yah.. Good Luck!

7.   Belajar Hal Baru


Kembali ke gabut, galau dan gelo.. Nah biasanya ada unek –unek misal, duh ko bahasa inggris ku jelek yah, duh raiso nyetirke mobil, duh raiso ngaji, duh badanku gemuk tenanan yo, duh badanku kurus tenan. Nah dapet kan,  selama stay di perantauan lama mu nggak ada salahnya kamu kembangkan skill lagi, atau hijrah sejenak ke tempat yang menunjang kamu menambah skill, misal berangkat ke pare setahun bertapa disana keluar dari sana jadi mahir inggris. Bisa tuh, kursus mobil di area terdekat mu, olahraga ketat buat sehat dan singset deh.. Intinya Gak diem, Gak stagnan, Air yang bau nya busuk yaitu air yang tak bergerak atau diam, air yang terus mengalir mengikuti alur itulah air yang sebaik-baiknya. Follow your path, Good Luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar