language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Lakukan Strategi 1:100 dalam mencari pekerjaan khusus Fresh Graduate!




Pernah gak mengalami setiap mau apply di salah satu situs lowongan kerja semisal Jobstreet, JobsDB, Loker.id, Kalibrr.com semuanya pasti mesti registrasi lagi. Terkadang kita sebagai pencari kerja merasa ini sangat buang waktu atau bahkan bikin pegel hati dan tangan mengisi semua platform dari mulai nama lengkap sampai riwayat sekolah yang terkadang kita lupa kapan lulus SD dan tamat SMP.

Setelah diamati ternyata  ada beberpa hal yang penting dan platform yang cocok menurut pribadi. Ada hal-hal berikut yang mungkin bisa jadi bahan referensi teman- teman semua.

1.       Buat CV yang sempurna atau mendekati sempurna
Dari mulai desain, saya buat di canva.com selanjutnya runtutan alur cv (Bio singkat, Foto formal,Pengalaman, Project/kegiatan organisasi, pendidikan, organisasi, award dan training)

2.       Mulailah dengan 3 situs loker atau 2 situs loker dan 1 akun LinkedIn
Saya fokus di JobsDB, Kalibrr dan Percantik akun LinkedIn untuk buat jalur professional.

3.       Fokus pada bidang apa, pencarian pekerjaan yang di harapkan, dan buat Alert melalui email supaya pihak situs loker kirim pemberitahuan loker terbaru.
Misal : Saya apply untuk Management Trainee (ini akan saya bahas di sesi lanjutannya), Office Development Program, dan semua yang ada kegiatan programnya,  karena dari sisi salary biasanya lebih tinggi dengan path karir yang menurutku baik, dan tentu tantangannya tesnya sangat banyak dan saingan nya juga hebat-hebat.

4.       Mulai secara gerilya untuk apply, 20 apply perhari dari total kirim apply dari 3 situs loker tadi.
Tentukan lokasi dan posisinya, apply.. apply.. apply..  Jangan sampai fokus di perusahan tertentu, jangan banyak berharap dulu. Buatlah takaran 10:100 dari 100 apply ke perusahaan  berbeda, harapannya 10 perusahaan akan mengundang kamu ke tahap selanjutnya (interview atau tes tulis) kalo masih  belum coba 30 apply per hari. Ini mudah kalo biasanya kita sudah ada CV/ Resume dan sudah registrasi di portal job nya. sat...sit...set... done.
5.       Handphone harus aktif terutama jam kantor antara 8 Pagi sampai 5 Sore.
Biasanya setelah satu bulan atau yang urgent needed, dalam waktu 2 minggu sudah ada mulai telepon kantor ke no kita dan tentunya nelpon pas jam kantor.

Maka siap-siaplah jangan samapai terlewatkan. Selanjutnya keputusan ada di kamu. Selamat mencoba, Good Luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar