language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

SURVEY AWAL- TAPAK ZEIN JULI-AGUSTUS-SEPTEMBER

Selamat Datang di Desa Sembalun Bumbung

Saya bersyukur kepada Allah, karena telah memberikan waktu dan kesempatan bisa menapakan kaki di tanah yang baru di wilayah yang baru.  untuk mengenal hal baru dan tempat baru di Indonesia. Lombok memang salah satu list yang saya tulis di DreamNote sekarang bisa saya coret karena telah berhasil terwujud, langkah selanjutnya adalah memberikan suatu kemanfaatan pada tujuan awal datangnya saya ke lombok ini.

Udara dingin di pagi hari yang bisa mencapai 9'Celicus terasa menusuk kedalam tubuh, Desa Sembalun adalah Desa yang dikelilingi bukit, ada bukit Pegasingan, ada Nanggi ada Dangdaun dan tentunya ada yang lebih tinggi dari bukit yakni Gunung Rinjani, menjadi pesona dan keindahan setiap hari untuk memandanginya. 

kegiatan kami mulai dilakukan dengan survey kepada elemen masyarakat, perkenalan dengan kepala desa dan kepala sekolah merupakan suatu proses yang baru dengan setumpuk PR yang pastinya banyak dan penyusunan program kerja dan target sasaran pun dibuat. Harapannya dengan adanya kami, mudah-mudahan sedikit atau lebihnya memberikan manfaat. Saya kembali menjadi salah satu Tim yaitu Koor. Ekonomi kreatif. 

hal yang pertama dilakukan setelah perkenalan dengan Kepala desa, Tim kami langsung bergerak ke ibu PKK dan segala UKM yang ada disana, menemui satu demi satu  warga, bertanya satu demi satu, menanyakan setiap keluhan dan kendala di masyarakat terkait ekonomi yang terjadi, sampai berjumpalah saya dengan Bunda Syae'un beliau adalah salah satu anggota PKK yang aktif dan produsen Black garlic serta ketua Koperasi desa Sembalun Bumbung. kehadiran beliau yang membuat Tim ekonomi kreatif dapat merancang program yang terkendala, seperti tidak adanya pusat oleh-oleh, penjualan online, pengemasan produk, branding produk, serta berbagai kendala pengolahan hasil panen yang bisa diolah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar