language

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Merantau Yuk!!


Merantau itu sendiri memiliki pengertian perginya seseorang dari tempat asal dimana ia ia tumbuh besar ke wilayah lain untuk menjalani kehidupan atau mencari pengalaman.

Banyak faktor yang mendorong orang-orang untuk pergi dari tempat asal atau kelahirannya menuju tempat lain. Diantaranya faktor tradisi atau budaya dari suatu kelompok etnis, juga ada faktor ekonomi, pendidikan dan faktor peperangan. 

Sebenarnya Merantau itu indah, bener gak ni? Coba aja simak syair Imam Syafi’i tentang keutamaan merantau dibawah ini:


"Pergilah merantau untuk mencari kemuliaan karena dalam perjalanan itu ada lima kegunaan: yaitu menghilangkan kesedihan, mendapatkan penghidupan, menganggungkan jiwa, dan dapat bergaul dengan orang banyak.

Pergilah dengan penuh keyakinan! Niscaya akan engkau temukan pengganti semua yang engkau tinggalkan.

Bekerja keraslah karena hidup akan terasa nikmat setelah bekerja.
Sungguh, aku melihat air yang tergenang  dan berhenti, memercikkan bau tak sedap. Andaikan saja ia mengalir, air itu akan terlihat bening dan sehat.

Sebaliknya jika engkau biarkan air itu menggenang, ia akan membusuk.
Singa hutan dapat menerkam mangsanya setelah ia tinggalkan sarangnya.
Anak panah tak akan mengenai sasarannya, jika tak beranjak dari busurnya.
Andaikan matahari berhenti selamanya di tengah langit, niscaya umat dari ujung barat sampai ujung timur akan bosan kepadanya.

Emas bagaikan debu, sebelum ditambang sebagai emas, sedangkan, pohon cendana yang masih tertancap pada tempatnya, tak ubahnya pohon-pohon untuk kayu bakar.

Jika engkau tinggalkan tempat kelahiranmu, engkau akan temui derajat mulia di tempat yang baru dan engkau bagaikan emas yang sudah teerangkat daari tempatnya.

Kesabaran adalah bumi. Kesadaran adalah matahari. Keberanian menjadi cakrawala, Dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata".

Diwan al-Imam asy-Syafi’i. Cet. Syirkah al-Arqam bin Abi al-Arqam
dikutip dari
http://blogilmupendidikan.blogspot.com/2013/01/merantau-dan-pengorbanan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar